Jumat, 17 Mei 2013

Zaha Hadid Mohammad



Dame Zaha Hadid Mohammad,(lahir 31 Oktober 1950) adalah seorang arsitek Irak-Inggris. Dia menerima Pritzker Architecture Prize pada tahun 2004 wanita pertama yang melakukannya dan Hadiah Stirling pada tahun 2010 dan 2011. Bangunan nya yang khas futuristik, ditandai dengan "kuat, melengkung bentuk struktur memanjang nya dengan beberapa titik perspektif dan geometri terfragmentasi untuk membangkitkan kekacauan kehidupan modern".

Zaha Hadid lahir pada tanggal 31 Oktober 1950 di Baghdad, Irak. Dia dibesarkan di salah satu bangunan pertama Bauhaus-terinspirasi Baghdad selama era di mana "modernisme dikonotasikan glamor dan progresif
 berpikir" di Timur Tengah.

Ia menerima gelar sarjana dalam matematika dari Universitas Amerika di Beirut sebelum pindah untuk belajar di Asosiasi Sekolah Arsitektur Arsitektur di London, di mana ia bertemu Rem Koolhaas, Elia Zenghelis, dan Bernard Tschumi. Dia bekerja untuk mantan profesornya, Koolhaas dan Zenghelis, di Kantor untuk Metropolitan Arsitektur, di Rotterdam, Belanda, dia menjadi mitra pada tahun 1977. Melalui hubungan dia dengan Koolhaas, ia bertemu Peter Rice, insinyur yang memberikan dukungan dan dorongan awal pada saat pekerjaannya sepertinya sulit. Pada tahun 1980, ia mendirikan praktek yang berbasis di London sendiri. Selama tahun 1980, ia juga mengajar di Asosiasi Arsitektur.


Karya karya arsitekturalnya antara lain :

Maxxi

Bridge Pavilion

Phaeno Science Center



0 komentar:

Posting Komentar