Kamis, 16 Mei 2013

Frank Lloyd Wright



Frank Lloyd Wright (lahir Frank Lincoln Wright, 8 Juni 1867 - April 9, 1959) adalah seorang Arsitek Amerika, Desainer Interior, Penulis dan Pendidik,yang telah merancang lebih dari 1.000 struktur dan menyelesaikan 532 karya. Wright percaya dalam merancang struktur yang selaras dengan kemanusiaan dan lingkungannya, sebuah filosofi yang disebut “arsitektur organik”.
Filosofi terbaik ini dicontohkan oleh desain untuk Fallingwater (1935), yang telah disebut sebagai "karya terbaik sepanjang masa arsitektur Amerika".  
Wright adalah seorang pemimpin gerakan Sekolah Prairie Arsitektur dan mengembangkan konsep rumah Usonian, visi unik untuk perencanaan perkotaan di Amerika Serikat.
Karyanya mencakup contoh-contoh asli dan inovatif berbagai jenis bangunan yang berbeda, termasuk kantor, gereja, sekolah, gedung pencakar langit, hotel, dan museum.
Wright juga merancang banyak elemen interior bangunannya, seperti furnitur dan kaca patri. Wright menulis 20 buku dan banyak artikel dan menjadi dosen populer di Amerika Serikat dan di Eropa. Kehidupan pribadinya yang warna-warni sering menjadi berita utama, terutama untuk 1914 kebakaran dan pembunuhan di studio Taliesinnya. Selama hidupnya,pada tahun 1991 Wright diakui oleh American Institute of Architects sebagai "Arsitek Terbesar Amerika Sepanjang Waktu." 

Karya karya terkenalnya antara lain :
Guggenheim Museum NYC

Fallingwater House



0 komentar:

Posting Komentar