Senin, 20 Mei 2013

Griya Unik Indonesia


Apa yang ada dalam benak anda ketika mendengar kata “Griya Unik“?? Ya, pasti berbagai tipe rumah yang tidak seperti biasanya, Rumah-rumah unik atau griya unik yang lain dari rumah lainnya. desain yang tidak biasa bahkan menggunakan bahan bangunan yang tidak biasa pula. Anda pasti pernah melihat rumah yang terbuat dari kumpulan botol khan? ada yang dari botol minuman yang terbuat dari kaca ada juga botol minuman mineral. Sang empunya pastilah memiliki tujuan lain yakni memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang memiliki fungsi.

Rumah Botol
Inspirasi griya unik lahir dari ide-ide kreatif anda, bahkan ide tersebut sepintas seperti ide gila yang mustahil diterapkan dalam sebuah rumah. Ide tersebut bisa muncul dari mana saja, dari film, buku komik, lingkungan sekitar dan sebagainya. Anda menyukai UFO atau piring terbang, maka dengan inspirasi griya unik tersebut anda langsung membangun sebuah rumah yang menyerupai UFO. Orang sekitar mungkin menganggap anda ada kelainan, tapi ini adalah seni dari sebuah Griya Unik.
Di Indonesia memang keberadaan griya unik masih terbilang jarang, rumah-rumah masih seragam, Sebagaian orang yang memiliki ide gila untuk membangun griya unik atau rumah unik hanya sebatas ide saja tetapi masih enggan untuk mengaplikasikannya langsung dirumah pribadinya. Padahal Griya unik selain unik asalkan didesain secara maksimal dan sepenuh hati maka ke ekslusifan, keindahan dan kenyamanan akananda dapatkan.
Anda masih ingat kan dahulu pernah ada tayangan di TV swasta orang memanfaatkan limbah botol minuman untuk digunakan sebagai bahan pembuatan rumah. Adalah Ridwan Kamil warga Bandung ini memanfaatkan botol-botol bekas untuk membangun sebuah rumah ramah lingkungan. Ridwan Kamil yang juga ketua Bandung Creative City Forum (BCCF) dengan rumah ramah lingkungannya yang menhabiskan 30.000 botol dan lihatlah desain interiornya yang penuh botol  ini berhasil mendapatkan juara sebagai Green Design Award 2009 oleh Building Contruction Information Asia (BCI-Asia) dengan mengalahkan sebanyak 80 peserta dari berbagai negara.
Atau anda pernah membayangkan griya unik atau rumah unik berbentuk sebuah sepatu? dibelahan dunia sana seseorang telah membuat rumah yang berbentuk seperti sebuah sepatu berukuran besar. Namun uniknya sepatu tersebut memiliki kaca jendela dan sebuah pintu. Itu adalah bukan sekedar sepatu melainkan sebuah rumah unik yang menterupai sebuah sepatu.
Adalagi rumah unik bawah tanah. Sebenarnya tidak Full rumah didalam tanah, anda bisa berimajinasi sendiri mengembangkan kreatifitas. Misalkan anda memiliki sebidang tanah yang letaknya cukup curam. Gambar dibawah bisa jadi sumber inspirasi anda. Rumah dibikin semi didalam tanah. Tetapi tampilan depan rumah tetap terlihat utuh seperti biasa, melainkan bagian belakang dan atas rumah yang tertutup rumput yang hijau. Bagian atas juga bisa digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, tempat bermain dan melakukan kegiatan barbeque atau sekedar menikmati udara pagi.

rumah bawah tanah
Rumah unik yang semua bahan materialnya sebagian besar terbuat dari kayu. Masyarakat Indonesia dan mungkin saja dunia pada zaman terdahulu menggunakan kayu sebagai bahan bangunan utamanya.Namun seiring perkembangannya bahan ini digunakan hanya pada bagian-bagian tertentu saja dan digantikan dengan menggunakan bahan semen dan batu. Kini banyak dari masyarakat kita menginginkan kembali menggunakan bahan kayu karena dianggap sebagai sebuah griya unik dan lebih bernuansa tenang dan sejuk.

Rumah Kayu

Bahan alami memang menawarkan keindahan dan kenyamnan yang alami pula sehingga mampu memberikan ketenangan. Lihat saja desain rumah sederhana yang yang terbuat dari kayu ini. Bisa jadi ini sebagai sumber inspirasi griya unik anda nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar