Jumat, 17 Mei 2013

Le Corbusier


 Charles-Edouard Jeanneret-Gris, lebih dikenal sebagai Le Corbusier (6 Oktober 1887 - 27 Agustus 1965), adalah seorang arsitek, desainer, pelukis, Urbanis, penulis, dan salah satu pelopor dari apa yang sekarang disebut arsitektur modern. Ia lahir di Swiss dan menjadi warga negara Perancis pada tahun 1930. Karirnya membentang lima dekade, karyanya dibangun di seluruh Eropa, India, dan Amerika. Dia adalah seorang pionir dalam studi desain modern tinggi dan didedikasikan untuk menyediakan kondisi kehidupan yang lebih baik bagi penduduk kota yang padat. Ia dianugerahi Medali Frank P. Brown dan AIA Medali Emas pada tahun 1961.
Le Corbusier mengadopsi nama samaran di tahun 1920, diduga berasal dalam bagian dari nama nenek moyang, Lecorbesier
Ia dilahirkan sebagai Charles-Edouard Jeanneret-Gris di La Chaux-de-Fonds, sebuah kota kecil di Neuchatel canton di Swiss utara-barat, di pegunungan Jura.
Jeanneret muda tertarik pada seni visual dan belajar di Sekolah Seni La Chaux-de-Fonds-di bawah Charles L'Eplattenier, yang pernah belajar di Budapest dan Paris. Guru arsitekturnya di Sekolah Seni adalah arsitek Rene Chapallaz, yang memiliki pengaruh besar pada desain rumah awal Le Corbusier.
Pada 1906 dia melakukan perjalanan pertamanya di luar Swiss, pergi ke Italia. Di sekitar tahun 1907 ia pergi ke Paris, di mana ia menemukan pekerjaan di kantor Auguste Perret, pelopor Perancis beton bertulang. Itu adalah perjalanan keduanya ke Italia dan pekerjaannya di kantor Perret yang mulai membentuk ide sendiri tentang arsitektur. Pada tahun 1908, ia belajar arsitektur di Wina dengan Josef Hoffmann. Antara Oktober 1910 dan Maret 1911, ia bekerja dekat Berlin untuk Peter Behrens arsitek terkenal, di mana ia mungkin telah bertemu Ludwig Mies van der Rohe dan Walter Gropius. Ia menjadi lancar berbahasa Jerman.
Kemudian pada tahun 1911, dia melakukan perjalanan ke Balkan dan mengunjungi Bulgaria, Yunani, dan Turki, mengisi hampir 80 sketsa dengan rendering , yang dia lihat banyak sketsa sketsa dari Parthenon, yang kemudian mengilhaminya dalam karyanya Vers une architecture (1923 ) ("Menuju Arsitektur", tetapi biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "Menuju Arsitektur Baru").

karya Le Corbusier :
Palace of Assembly Chandigarh
Gustavo Capanema Palace
Villa Savoye



0 komentar:

Posting Komentar